fbpx
Beranda » Blog Referensi » Alasan Pentingnya Memahami Kelengkapan Legalitas Untuk Investasi Rumah Anda

Alasan Pentingnya Memahami Kelengkapan Legalitas Untuk Investasi Rumah Anda

T Diposting oleh pada 24 February 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 54 kali

Mengingat harga properti dari tahun ke tahun semakin naik, rumah menjadi aset berharga yang dimiliki oleh setiap orang. Berharganya rumah ini juga didukung dengan berbagai kelengkapan surat-surat yang dimiliki oleh penghuni. Dokumen surat-surat ini berfungsi sebagai bukti kepemilikan yang sah serta pendukung di mata hukum atas sebuah rumah.

Dengan adanya legalitas maka akan mengurangi kerugian akibat permasalahan hukum yang bisa sewaktu-waktu datang di kemudian hari. Inilah mengapa pentingnya seorang penghuni harus memperhatikan dengan cermat berkas-berkas kelengkapan legalitas rumah saat melakukan transaksi.

Seringkali masyarakat belum paham betul istilah-istilah dalam dunia properti seperti PPJB, AJB, SHM, SHGB, BPHTB, IMB, dan semacamnya. Berikut adalah penjelasan tentang istilah-istilah diatas.

PPJB

Sama Pentingnya, Apakah AJB, PJB, dan PPJB adalah Surat yang Sama?

PPJB adalah singkatan dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli. Dokumen ini berupa perjanjian yang dibuat oleh calon penjual dan calon pembeli sebelum melakukan transaksi jual beli sebuah properti ataupun tanah.

PJB menjadi pengikat di awal transaksi sebelum kedua belah pihak melanjutkan proses pembuatan Akta Jual Beli. Proses ini dibuat di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Baik calon pembeli maupun penjual bisa membuat dokumen PPJB tanpa membuat akta terlebih dulu.

Ini dikarenakan sifatnya mengikat semua pihak yang terlibat. Namun, dengan catatan PPJB yang dibuat telah memenuhi syarat sah perjanjian yang telah diatur pada Pasal 1320 KUH Perdata.

AJB

Tata Cara Lengkap Mengurus Surat Perjanjian Jual Beli Tanah - Cermati.com

AJB adalah singkatan dari Akta Jual Beli. Dokumen AJB merupakan bukti yang harus ada sebelum pembuatan SHM. Surat ini dikeluarkan oleh notaris tertunjuk setelah semua perjanjian jual beli terlaksana. Ketentuannya pun telah diatur melalui Perkaban No. 08/2012. Intinya, notaris memegang peranan penuh dalam pembuatan AJB.

Maka itu, pastikan sertifikat ini dikeluarkan oleh notaris yang menjadi saksi transaksi tersebut. Pasalnya, keberadaan notaris memastikan keabsahannya. Anda sebagai pembeli wajib membuatnya saat membeli rumah dari pengembang. Sementara bila membeli rumah bekas, surat ini wajib ditunjukkan.

SHM

Mengenal Serba-serbi Contoh Sertifikat Tanah dan Jenis-jenisnya

SHM (Surat Hak Milik) merupakan kewenangan atas hak sebuah tanah dan memiliki status tertinggi diantaranya legalitas rumah lainnya. Sertifikat Hak Milik memberikan kekuasaan penuh pada pemilik lahan di sebuah kawasan dengan luas tertentu sesuai yang tercantum pada surat dengan jangka waktu yang tak terbatas.

Sertifikat Hak Milik akan dibebaskan untuk melakukan pembangunan ataupun perubahan tanpa adanya campur tangan diluar pemenang surat. Tak kalah penting, hunian dengan Sertifikat Hak Milik juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang unit dengan Hak Guna Bangunan.

SHGB

Sertifikat Perbedaan

SHGB adalah singkatan dari Surat Hak Guna Bangunan. Sesuai namanya, legalitas ini merupakan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah untuk menggunakan sebuah lahan yang bukan miliknya sendiri. Kewenangan ini diberlakukan dalam jangka waktu 30 tahun atas permintaan pemegang hak terkait segala keperluan dan keadaan bangunan. Serta bisa diperpanjang hingga maksimum 20 tahun lamanya.

Melalui kewenangan tersebut, pemegang Hak Guna Bangunan hanya diberikan kuasa untuk memanfaatkan lahan mendirikan bangunan dan keperluan lain dengan batasan jangka waktu tertentu. Intinya, pemilik rumah dengan legalitas Hak Guna Bangunan hanya memiliki bangunannya saja, sementara tanah dimiliki oleh negara.

BPHTB

Pelayanan Pajak: SURAT SETORAN BEA / SSB BPHTB

BPHTB adalah singkatan Bea Perolehan Hak Tanah & Bangunan. Definisi BPHTB sesuai dengan UU No.28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pada Pasal 1 No.41 adalah bea atas perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan. 

Dalam setiap transaksi jual beli properti atau tanah, negara akan menetapkan pengenaan bea kepada kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual. Dari aspek ini, pembeli dikenakan pungutan BPHTB, sedangkan di sisi penjual juga akan dikenakan PPh atau Pajak Penghasilan.

IMB

Presiden Jokowi Tahun Ini Menghapus Izin Mendirikan Bangunan. - Liputan68

IMB merupakan singkatan dari Izin Mendirikan Bangunan. Izin IMB ini biasanya dapat dibuat di kecamatan setempat, meskipun ada beberapa kecamatan yang tidak diperbolehkan untuk mengelurkan IMB oleh pemerintah daerah. Biasanya pada kasus tersebut pemerintah provinsi yang akan mengeluarkan izin IMB.

Hal ini juga berlaku di kota-kota kecil yang sudah padat penduduk dan membatasi pembangunan di daerahnya. Izin yang dilimpahkan ke pemerintah provinsi ini bertujuan agar pemerintah bisa lebih selektif dalam memebrikan izin pembangunan.

Sedangkan pada daerah-daerah yang dalam proses berkembang pemerintah provinsi memberikan keleluasan pada kecamatan agar bisa memudahkan warganya untuk mendapat izin mendirikan bangunan.

Membeli rumah memang mempunyai serangkaian proses yang panjang dan melelahkan. Banyak waktu yang harus Anda luangkan untuk mengecek rumah, mengurus dokumen, hingga tandatangan hal ini dan itu. Tapi ketahuilah bahwa pengurusan kelengkapan legalitas seperti itu juga akan menguntungkan Anda.

Belum ada Komentar untuk Alasan Pentingnya Memahami Kelengkapan Legalitas Untuk Investasi Rumah Anda

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Alasan Pentingnya Memahami Kelengkapan Legalitas Untuk Investasi Rumah Anda

[Download] Booklet New A4 – Green Stone Malang

T 28 December 2018 F , A PT Notojoyo Nusantara

Download Booklet New Klik di siniĀ untuk download JPEG booklet Green Stone terbaru Penjelasan produk dan semua fasilitas yang ada di Green Stone Malang terangkum dalam file booklet (siap cetak) untuk di-download secara gratis. Fasilitas lapangan Golf exclusive yang masuk dalam... Selengkapnya

Begini Cara Hitung Skema KPR Syariah Berdasarkan Jenis-jenisnya

T 21 April 2021 F A Bella Marusare

Sebelum masuk ke pembahasan cara hitung skema KPR Syariah dan segala jenis-jenisnya, mari kita pahami dulu definisi KPR Syariah. KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Kredit ini bisa ditemukan di berbagai macam bank atau lembaga keuangan lainnya. Tak hanya... Selengkapnya

+ SIDEBAR